Aresta 5

OSHK 14 dengan bangga mempersembahkan:

ARESTA 5

Ajang Remaja Berprestasi

Genggam Dunia Dengan Impianmu, Ubah Dunia Dengan Potensimu

Se Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten
23 - 27 Desember 2009

Kamis, 05 November 2009

Smart English Competition ( SEC )

Download ketentuan ( pdf )
mohon maaf, untuk syarat dan ketentuan yang benar adalah yang ada di hasil download, mohon maaf untuk segala kekurangan kami

Download formulir pendaftaran


KETENTUAN UMUM
SMART ENGLISH COMPETITION
ANTAR SMP/SEDERAJAT SE-JAWA BARAT
ORGANISASI SANTRI HUSNUL KHOTIMAH


I.    KETENTUAN PESERTA

1.    Sekolah yang akan mendaftar berada di wilayah Jawa Barat..
2.    Peserta adalah siswa/i SMP/sederajat yang merupakan perwakilan dari sekolahnya masing-masing.
3.    Setiap sekolah mengirimkan peserta maksimal 2 regu (1 regu putra, 1 regu putri).
4.    Setiap regu terdiri dari 4 orang pemain dengan perincian 3 orang pemain inti dan 1 orang pemain cadangan.
5.    Setiap regu yang dikirim telah mendapat rekomendasi dari Kepala Sekolah masing-masing.
6.    Pada saat pendaftaran harus membawa persyaratan sebagai berikut:
    •    Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah
    •    Formulir pendaftaran
    •    Pas foto hitam putih ukuran 3x4 (2 buah )/orang
7.    Seluruh persyaratan di atas disatukan dalam map KUNING.
8.    Membayar uang pendaftaran sebesar Rp.60.000,00/regu.

II.    WAKTU DAN BIAYA PENDAFTARAN

•    Pendaftaran  mulai dibuka pada :
    Hari, tanggal    : Selasa, 10 November 2009 s/d  5 menit sebelum technical meeting*
    Waktu         : 14.00 WIB s/d 17.00 WIB khusus hari Jum’at pukul 07.00 s/d 17.00
    Tempat        : Kesekretariatan ARESTA 5
    *pendaftaran sewaktu-waktu akan kami tutup ketika peserta sudah mencapai ketentuan maksimal
    Ketentuan pendaftaran :
    a.    Perwakilan sekolah mendaftar langsung ke kesekretariatan ARESTA 3 di Kampus Pondok Pesantren Husnul Khotimah, Jl. Raya Manis Kidul, Desa Manis Kidul, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan, Jawa Barat, dengan membawa seluruh kelengkapan administrasi.
    b.    Bagi sekolah yang tidak memungkinkan datang langsung bisa mendaftar melalui fax, dengan mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti pembayaran ke nomor fax : (0232) 613809, nomor rekening panitia : Bank Syari’ah Mandiri cab. Cirebon 0460016691 a.n Titi Rinawati. Nomor Telepon : 08151613025. Dan kelengkapan pendaftaran yang lain, harus dikumpulkan selambat-lambatnya pada saat registrasi ulang.
    c.    Info selengkapnya dapat dilihat di http://aresta5.blogspot.com 

III.    TECHNICAL MEETING


1.    Setiap regu yang mendaftarkan diri diharuskan untuk mengikuti Technical Meeting yang akan dilaksanakan pada:
    Hari, tanggal    : Senin, 21 Desember 2009
    Waktu        : 09.00 s/d selesai
    Tempat        : Kampus Pondok Pesantren Husnul Khotimah
2.    Setiap regu diwakili sekurang-kurangnya oleh seorang peserta atau pengamat dari sekolah yang bersangkutan
3.    Setiap perwakilan regu diharuskan hadir selambat-lambatnya 10 (sepuluh) menit sebelum acara dimulai.
4.    Peserta yang tidak mengirimkan perwakilannya (TIDAK MENGIKUTI TECHNICAL MEETING) dianggap menyetujui hasil TECHNICAL MEETING.
5.    Pendaftaran peserta paling lambat pada saat TECHNICAL MEETING.
6.    Pada saat TECHNICAL MEETING diharapkan untuk membawa berkas Ketentuan Umum.

IV.    SISTEM PERLOMBAAN

Kegiatan ini terdiri dari 3 (tiga) tahap lomba, yaitu:

A.    BABAK KUALIFIKASI

1.    Pada babak kualifikasi ini, seluruh peserta yang telah mendaftarkan diri dan mengikuti technical meeting akan diseleksi dan disaring untuk diambil 16 regu yang memiliki nilai tertinggi. 16 regu ini akan melaju ke babak semi final, dengan ketentuan sebagai berikut :
    •    Soal terdiri dari 60 soal pilihan ganda dengan waktu 60 menit.
    •    Setiap jawaban yang benar bernilai 4, setiap jawaban yang salah bernilai -1 dan stiap soal yang tidak terjawab bernilai 0.
    Jika peserta telah selesai mengerjakan soal sebelum 60 menit. Maka peserta diperbolehkan meninggalkan ruangan.
2.    Apabila waktu 60 menit telah habis dan peseta belum menyelesaikan soal tersebut, maka peserta tersebut tidak diperkenankan melanjutkan pekerjaannya dan peserta tersebut diharuskan meninggalkan ruangan.
3.    Waktu pelaksanaan
    Hari, tanggal    : Rabu, 23 Desember 2009
    Waktu        : 09.30 – 12.00
    Tempat        : Kampus Pondok Pesantren Husnul Khotimah
 
B.    BABAK SEMI FINAL

    Babak ini merupakan babak penentuan 16 regu yang telah terseleksi pada babak kualifikasi untuk diseleksi kembali dalam 4 game pertandingan babak semi final dan akan diambil 4 besar regu yang akan bertanding pada babak final.
    Waktu pelaksanaan
    Hari, tanggal    : Kamis, 24 Desember 2009
    Waktu        : 07.30 – 12.00
    Tempat        : Kampus Pondok Pesantren Husnul Khotimah



C.    BABAK FINAL

    Babak ini sebagai babak penentuan akhir pertandingan, empat besar regu yang lolos pada babak semi final berhak mengikuti babak final untuk memperebutkan juara 1, 2, 3 dan harapan 1.
    Waktu pelaksanaan
    Hari, tanggal    : Jum’at, 25 Desember 2009
    Waktu        : 13.00 – 15.30
    Tempat        : Kampus Pondok Pesantren Husnul Khotimah


V.    TATA TERTIB

1.    Setiap peserta diharuskan mengenakan pakaian seragam sekolahnya masing-masing.
2.    Setiap peserta diharuskan hadir di tempat kegiatan selambat-lambatnya 10 (sepuluh) menit sebelum kegiatan dimulai.
3.    Apabila 10 (sepuluh) menit setelah kegiatan dimulai peserta belum hadir, maka peserta dinyatakan GUGUR.
4.    Sebelum perlombaan dimulai, setiap peserta diwajibkan untuk melaksanakan daftar ulang terlebih dahulu.
5.    Setiap sekolah yang mengirimkan dua regu dan kedua-duanya masuk babak semifinal maka secara teknis pengundiannya dipisahkan.
6.    Setiap regu didampingi oleh seorang pengamat dari sekolah yang bersangkutan.
7.    Setiap regu yang akan tampil beranggotakan 3 (tiga) orang, apabila kurang maka regu itu tidak diperbolehkan tampil, dan regu tersebut dinyatakan GUGUR.
8.    Pergantian anggota regu hanya dapat dilakukan oleh peserta cadangan yang terdaftar dan diberitahukan kepada panitia selambat-lambatnya 5 (lima) menit sebelum pertandingan dimulai.
9.    Selama pertandingan berlangsung, tidak dapat dilakukan pergantian peserta.
10.    Setiap peserta yang tampil tidak diperbolehkan membawa catatan atau alat hitung kecuali ballpoint dan sejenisnya.
11.    Apabila peserta membawa catatan atau alat bantu hitung selain ballpoint atau sejenisnya, maka peserta akan didiskualifikasi.
12.    Kertas disediakan oleh panitia.
13.    Setiap sekolah diperbolehkan untuk membawa supporter.
14.    Supporter dan pengamat dilarang memberikan jawaban kepada peserta dengan cara apapun selama pertandingan berlangsung.
15.    Peserta, pengamat dan supporter diharuskan menjaga kebersihan dan ketertiban.
16.    Setiap pengamat diharuskan menyerahkan foto ukuran 3x4 sebanyak 2  buah pada saat pendaftaran.
17.    Hal-hal yang belum tercantum dalam tata tertib pertandingan akan  ditentukan pada acara pertemuan teknis (technical meeting) sesuai dengan kebutuhan.

VI.    PERATURAN PERLOMBAAN BABAK SEMI FINAL DAN FINAL
        MAIN GAME

a.    Setiap regu mendapatkan 6 (enam) buah soal prioritas.
b.    Jika terjadi kesalahan teknis dalam penyajian soal atau regu yang tidak berhak menjawab kemudian menjawab atau regu mendapat jawaban dari pihak lain maka soal tersebut dianggap batal dan diganti dengan soal baru sesuai dengan prioritas regu.
c.    Setiap regu yang mendapat prioritas menjawab hanya diperkenankan menjawab satu kali saja melalui juru bicaranya, kecuali jika penyaji soal meminta untuk mengulanginya.
d.    Pada main game, hanya regu yang mendapat prioritas saja yang berhak menjawab dan mendapat nilai.
e.    Aturan penilaian pada main game tertera pada bab VII. 

        THROWING GAME

a.    Throwing Game disajikan pada setiap regu dengan ketentuan sebagai berikut :
    •    5 (lima) buah soal untuk babak semi final.
    •    6 (enam) buah soal untuk babak final.
b.    Jika terjadi kesalahan teknis dalam penyajian soal atau regu yang tidak berhak menjawab kemudian menjawab atau regu mendapat jawaban dari pihak lain maka soal tersebut dianggap batal dan diganti dengan soal baru sesuai dengan prioritas regu.
c.    Setiap regu yang mendapat prioritas menjawab hanya diperkenankan menjawab satu kali saja melalui juru bicaranya, kecuali jika penyaji soal meminta untuk mengulanginya.
d.    Apabila regu yang mendapat soal prioritas menjawab salah atau tidak menjawab selama selang waktu yang telah ditentukan, maka regu lain dapat merebutnya setelah bel timer dibunyikan dengan menekan bel terlebih dahulu dan menjawab setelah dipersilakan oleh dewan juri.
e.    Jawaban yang dianggap sah oleh dewan juri adalah jawaban yang pertama kali diutarakan oleh juru bicara.
f.    Aturan penilaian pada soal jenis ini tertera pada bab VII.

        BARGAINING GAME

a.    Disediakan sejumlah amplop bertuliskan topik-topik Bahasa Inggris SMP dengan harga waktu maksimal untuk mengerjakannya.
b.    Tawaran dianggap sah jika terlebih dahulu menekan bel.
c.    Harga waktu terendah adalah 1 detik .
d.    Penawaran dapat diterima jika berbeda 1 detik dan kelipatannya.
e.    Waktu untuk tawar-menawar soal disediakan maksimal 2 menit.
f.    Untuk regu yang menawar dengan harga waktu terendah atau tidak ada regu lain yang berani menawar lagi, maka regu itulah yang akan mendapatkan soal tersebut.
g.    Waktu yang ditawar oleh regu tersebut adalah waktu untuk menghitung dan menjawab.
h.    Aturan penilaian soal jenis ini tertera pada Bab VII

        HUNTING GAME

Soal rebutan disajikan pada semua regu yang bertanding secara serempak tanpa prioritas dengan ketentuan waktu selama 10 menit.
a.    Regu yang akan menjawab harus menekan bel terlebih dahulu dan baru boleh menjawab setelah dipersilakan oleh penyaji atau dewan juri.
b.    Soal yang telah dijawab oleh satu regu tidak berhak dijawab lagi oleh regu yang lain.
c.    Jawaban pertama adalah jawaban yang dianggap sah oleh dewan juri.
d.    Aturan penilaian pada soal jenis ini tertera pada Bab VII 

VII.    KETENTUAN PENILAIAN
        Penilaian Untuk Soal Prioritas

1.    Tidak menjawab atau jawabannya salah, maka regu inti akan mendapat nilai 0 (nol) .
2.    Protes mengenai jawaban yang dianggap meragukan hanya boleh disampaikan oleh pengamat regu melalui juri.
        Penilaian Untuk Soal Lemparan
Regu yang mendapat soal prioritas lemparan jika :
1.    Tidak menjawab atau jawabannya salah, maka regu ini akan mendapat nilai 0 (nol)
2.    Regu yang merebut soal lemparan tersebut dengan syarat Bab VI  (Soal lemparan bagian d) jika tidak menjawab atau jawabannya salah, maka regu ini akan mendapat nilai -50 (negative lima puluh)
3.    Protes mengenai jawaban yang dianggap meragukan hanya boleh disampaikan oleh pengamat regu melalui juri.

        Penilaian Untuk Soal Tawaran

1.    Soal yang diperoleh oleh suatu regu yang berhasil mendapatkannya melalui proses tawar-menawar yang sah, kemudian soal itu :
•    Dijawab dengan benar, maka regu itu mendapat nilai 100 (seratus).
•    Tidak dijawab pada selang waktu yang telah ditentukan atau jawabannya salah, maka regu itu akan mendapat nilai -50 (negative lima puluh).
2.    Protes mengenai jawaban yang dianggap meragukan hanya boleh disampaikan oleh pengamat regu melalu juri.
        Penilaian Untuk Soal Rebutan

 1. Bagi regu yang berhasil mendapatkan soal rebutan, kemudian soal itu :
•    Dijawab dengan benar, maka regu tersebut mendapatkan nilai 100 (seratus)
•    Tidak menjawab atau jawabanya salah, maka regu itu akan mendapat nilai -100 (negative seratus)
2.    Protes mengenai jawaban yang dianggap meragukan hanya boleh disampaikan oleh pengamat regu melalui juri.
        Penilaian Total
1.    Nilai yang dicapai oleh setiap regu adalah jumlah dari semua nilai yang diperoleh dari jenis soal yang tertera dalam peraturan perlombaan.
2.    Regu yang memperoleh nilai tertinggi dalam game semi final dan grand final dinyatakan sebagai pemenang.

VIII.     MATERI SOAL

Materi soal dihimpun dari KTSP untuk SMP semester 1 - 5 ditambah pengetahuan umum. Materi pengayaan dimasukkan ke dalam cakupan materi.

IX.    HADIAH DAN PEMENANG

1.    Pemenang ditentukan dari pengumpulan poin terbanyak dari tiap-tiap kriteria nilai.
2.    Hadiah Smart English Competition ini berupa piala juara tetap 1, 2, 3 dan Harapan 1 serta TABANAS.

X.    TEKNIS DAFTAR ULANG

1.    Daftar ulang dilakukan oleh peserta, atau diwakilkan oleh pihak sekolah.
2.    Daftar ulang dapat dilakukan pada saat registrasi peserta.
3.    Dalam melaksanakan daftar ulang peserta melaksanakan kegiatan untuk melengkapi persyaratan pendaftaran peserta.
4.    Peserta mendapatkan nomor peserta dan tanda peserta saat daftar ulang.
5.    Peserta diwajibkan mengikuti upacara pembukaan, upacara penutupan, dan acara pembagian hadiah.
6.    Waktu pendaftaran ulang yaitu pada hari pelaksanaan acara.

2 komentar:

  1. U/ lomba story telling, temanya apa? bebas atau ditentukan panitia? Bagaimana caranya mendapatkan formulir pendaftaran karena kami dari luar kota?

    BalasHapus
  2. Ass.wr.wb.
    SEC max.2 grup, boleh ga keduanya putri semua? Tema story telling bebas?

    BalasHapus

Perlombaan

Lomba Lintas Alam Aresta 5 Lomba Da'i Cilik Aresta 5 Lomba Cepat Tepat Matematika Aresta 5 Musabaqoh Hifdzil Qur'an Aresta 5 Lomba Nasyid Aresta 5 Story Telling Aresta 5 Smart English Competition Aresta 5 Lomba Pidato Bahasa Arab Aresta 5